PROFIL
UNIT PENJAMINAN MUTU (UPM)
STIE MULIA PRATAMA


PENDAHULUAN

Paradigma manajemen pendidikan tinggi menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi dan  bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Di pihak lain, kecenderungan globalisasi, kebutuhan masyarakat dan tuntutan persaingan yang semakin ketat menuntut komitmen yang tinggi pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Pemahaman tersebut menegaskan perlunya STIE Mulia Pratama melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan untuk menjamin agar mutu pendidikan di STIE Mulia Pratama dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan/dijanjikan.

Di antara banyak definisi tentang mutu, untuk keperluan pengembangan sistem jaminan mutu dipakai pengertian menurut kriteria  dari Crosby (1979) dan Salis (1993), bahwa mutu pendidikan tinggi adalah pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan tinggi di dalam rencana strategisnya, atau kesesuaian dengan standar yang telah ditentukan.

Penjaminan mutu adalah seluruh aktivitas dalam berbagai bagian dari sistem untuk memastikan bahwa mutu produk atau layanan yang dihasilkan selalu konsisten sesuai dengan yang direncanakan/dijanjikan. Dalam penjaminan mutu terkandung proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga seluruh stakeholders memperoleh kepuasan.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan STIE Mulia Pratama adalah suatu sistem yang dikembangkan dan diimplementasikan di STIE Mulia Pratama untuk menjamin agar mutu pendidikan dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan/dijanjikan.


SEJARAH BERDIRINYA UPM-STIE MULIA PRATAMA

Unit Penjaminan Mutu (UPM) STIE Mulia Pratama, merupakan suatu wadah yang berada di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama yang memiliki peran dan aktivitas dalam berbagai bagian dari sistem untuk memastikan bahwa mutu suatu produk atau layanan yang dihasilkan selalu konsisten dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. UPM-STIE Mulia Pratama memiliki peran lebih utama sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi dalam memenuhi program baik jangka pendek, maupun jangka panjang.

Sejarah berdirinya UPM-STIE Mulia Pratama dibentuk dengan SK Ketua STIE Mulia Pratama  Nomor 361/K/STIE.MP/Kep/VI/2010 pada tanggal 1 Juni 2010, dengan Struktur Organisasi UPM berada langsung di bawah Ketua STIE Mulia Pratama dan terdiri dari Ketua UPM, Pusat Pengendalian Data dan Dokumen (PDD), Pusat Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT), dan Pusat Monitoring Evaluasi – Audit Internal Mutu Akademik (MONEV)-(AIMA) yang tergabung dalam Tim Asistensi Akreditasi dan Tim Sistem Mutu.

Sejak berdirinya UPM-STIE Mulia Pratama, semua aktivitas mulai tersusun dengan rapi sesuai prosedur, dari mulai pembagian tugas bekerja (job description), pelaporan PDPT, Monitoring dan Evaluasi (Monev), serta semua aspek yang mendukung mutu pendidikan di lingkungan STIE Mulia Pratama.


VISI UPM-STIE MULIA PRATAMA

Menjadi unit utama yang inovatif bagi peningkatan mutu secara berkelanjutan pada penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di STIE Mulia Pratama.


MISI UPM-STIE MULIA PRATAMA

  • Menjadikan mutu sebagai lembaga yang berperan dalam bidang perencanaan, pengembangan, serta mempertahankan nilai dan kualitas pendidikan STIE Mulia Pratama.
  • Menjadikan mutu sebagai jiwa seluruh sivitas akademika dalam menjalankan fungsi terbaiknya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat serta layanan administrasi akademik.
  • Mendorong STIE Mulia Pratama menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berskala internasional.

TUJUAN UPM-STIE MULIA PRATAMA

Unit Penjaminan Mutu STIE Mulia Pratama bertujuan untuk :

  • Membantu pencapaian visi dan misi STIE Mulia Pratama melalui penjaminan mutu program dan pelayanan pendidikan.
  • Menetapkan peran seluruh komponen dalam penjaminan mutu pendidikan.
  • Memfasilitasi dan mengoordinasikan perbaikan mutu berkelanjutan di STIE Mulia Pratama.
  • Menjamin konsistensi dan efektifitas penjaminan mutu pendidikan.

PROGRAM KERJA UPM-STIE MULIA PRATAMA

Tercapainya visi dan misi suatu organisasi tentu tidak lepas dari pada adanya beberapa program yang sebelumnya telah disusun dan dipersiapkan. Adapun beberapa program kerja Unit Penjaminan Mutu (BPM) yang direncanakan ialah sebagai berikut:

  1. Mengoordinasikan dan mengarahkan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu di lingkungan Institusi.
  2. Menetapkan kebijakan mutu pendidikan Institusi.
  3. Mengarahkan dan memonitoring pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu.
  4. Melakukan review dan evaluasi kinerja dalam aspek pendidikan.
  5. Mengarahkan tindakan perbaikan Sistem Penjaminan Mutu.
  6. Menetapakn sasaran mutu pendidikan.
  7. Merumuskan dan melaksanakan aktivitas untuk perbaikan mutu pendidikan.

TARGET DAN SASARAN UPM-STIE MULIA PRATAMA

Unit Penjaminan Mutu (BPM) STIE Mulia Pratama dikembangkan dan dilaksanakan secara bertahap, dari hal-hal yang selama ini sudah dilaksanakan, namun belum  terealisasi dan tersistem serta terdokumentasikan, dan hal-hal yang merupakan proses kunci dalam penyelenggaraan pendidikan. Sehingga semua pelaksanaan yang dilakukan mengacu pada sebuah target ketercapaian secara maksimal.

Prosedur untuk pencapaian target dan sasaran mutu dituangkan dalam bentuk Standar Operating Procedure (SOP) untuk seluruh kegiatan kunci pada proses pendidikan. SOP tersebut disusun dengan mengacu pada kebijakan mutu, tujuan dan sasaran mutu serta standar mutu  pendidikan. Pencapaian target dan sasaran ditetapkan indikator kinerja program pendidikan yang dikelompokan menurut kategori input – process – output – outcome – impact seperti disajikan pada tabel berikut:

Kategori Indikator Cara Perhitungan
Input Persentase mahasiswa dengan NEM > 49 Mahasiswa baru 5 tahun terakhir
Rata-rata NEM mahasiswa baru Mahasiswa baru 5 tahun terakhir
Tingkat kompetisi mahasiswa baru Mahasiswa baru  tahun terakhir
Asal geografis mahasiswa Mahasiswa baru  tahun terakhir
Rasio Dosen – Mahasiswa 5 tahun terakhir
Persentase Dosen berpendidikan S3 5 tahun terakhir
Rasio kecukupan alat bantu pembelajaran 5 tahun terakhir
Rasio kecukupan koleksi buku teks < 5 tahun di perpustakaan 5 tahun terakhir
Process Rata-rata IPK semester berjalan Mahasiswa semester berjalan
Rata-rata lama penyelesaian studi Lulusan 5 tahun terakhir
Rata-rata waktu penyelesaian tugas akhir Lulusan 5 tahun terakhir
Persentase Dosen dengan rataan hasil angket > 3 Setiap semester,rata-rata hasil kuestioner
Tingkat kehadiran mahasiswa Absensi satu semester
Tingkat kehadiran staf pengajar Absensi satu semester
Ketepatan rencana dan pelaksanaan perkuliahan / praktikum Kecocokan pelaksanaan dengan rencana kuliah/praktikum
Ketepatan jadwal pemeriksaan ujian dan pemasukan nilai Waktu pemasukan nilai
Output Jumlah lulusan per tahun
Rata-rata IPK lulusan Lulusan 5 tahun terakhir
Outcome Persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan pertama dalam waktu 3 bulan setelah lulus Lulusan 5 tahun terakhir
Rata-rata waktu tunggu kerja lulusan Lulusan 5 tahun terakhir
Status akreditasi PS/Departemen Review 5 tahun sekali
Impact Jumlah kegiatan in-campus recruitment Trend 5 tahun  terakhir
Jumlah in-campus recruitment (orang) Trend 5 tahun  terakhir
Keluhan (complaint) pengguna lulusan Trend 5 tahun  terakhir

STRUKTUR KEPENGURUSAN UPM-STIE MULIA PRATAMA

No Nama Jabatan Photo
1  Dr. Darlius, M.M. Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Darlius_Photo
2  Drs. Dede Otto Tirtadinata, M.M. Kapus. Pengendalian Data dan Dokumen (PDD).
3  Rakhmat, S.E., M.S.E. Kapus. Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Rakhmat, S.E., M.S.E.
4  Hartadi, S.E., M.Ak. Kapus. Monitoring dan Evaluasi (Monev) & Audit Internal Mutu Akademik (AIMA)  Hartadi, S.E., M.Ak.
  1. Tugas Ketua UPM.

Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) mempunyai tugas yaitu:

  • Merencanakan dan mempersiapkan Sistem Penjaminan Mutu STIE Mulia Pratama.
  • Merencanakan dan menyiapkan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindakan perbaikan/peningkatan kualitas penjaminan mutu STIE Mulia Pratama.
  • Membuat instrumen dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi penjaminan mutu membuat instrumen dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi penjaminan mutu.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu STIE Mulia Pratama.
  • Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindakan perbaikan/peningkatan kualitas kegiatan akreditasi di STIE Mulia Pratama.
  • Merencanakan, melaksanakan, memonitoring dan evaluasi kerja-sama dengan Pihak Internal maupun Eksternal dalam rangka peningkatan mutu STIE Mulia Pratama.
  • Melaporkan kepada Ketua STIE Mulia Pratama semua kegiatan perencanaan, pelaksanaan monitoring dan evaluasi penjaminan mutu di STIE Mulia Pratama.
  1. Tugas Kapus. Pengendalian Data dan Dokumen.
  • Menyusun, mendesain, dan mengembangkan sistem database pusat data dan dokumen dalam rangka Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  • Meningkatkan kualitas sistem tata kelola data dan dokumen yang valid dan visible.
  • Meningkatkan pelayanan dan penyajian data dan dokumen serta informasi dilingkungan STIE Mulia Pratama
  • Menghimpun, menelaan dan menginformasikan data/informasi dari peraturan perundang-undangan dan atau terkait dengan bidang penjaminan mutu.
  • Mengendalikan dokumen-dokumen jaminan mutu yang telah dibuat dan mengendalikan data-data yang berkaitandengan system mutu yang telah dihasilkan.
  • Melakukan pengukuran dan analisa kepuasan stakeholders.
  1. Tugas Kapus. Pangkalan Data Perguruan Tingi (PDPT)
  • Membantu ketua UPM dalam pendataan, pemberkasan dan perubahan data dosen tetap, dosen tidak tetap dan tenaga kependidikan.
  • Membantu ketua UPM dalam perawatan data master dosen dan data master mahasiswa.
  • Membantu ketua UPM dalam pendataan dan pemberkasan data jurusan/program studi terkait laporan semesteran dan akreditasi.
  • Membantu ketua UPM dalam pengajuan dan upload terkait NUPN, NIDN, perubahan NUPN ke NIDN, pindah homebase antar perguruan tinggi maupun antar jurusan/program studi, profil yayasan dan profil perguruan tinggi.
  1. Tugas Kapus. MONEV – AIMA.
  • Menyusun, mendesain, dan mengembangkan system MONEV-AIMA dalam rangka sistem penjaminan mutu internal.
  • Menyusun draf pedoman standar, instrument, dan kualifikasi tim auditor AIMA STIE Mulia Pratama.
  • Meningkatkan kualitas system akademik STIE Mulia Pratama melalui MONEV-AIMA SPMI.
  • Meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan AIMA dilingkungan STIE Mulia Pratama.
  • Melakukan MONEV implementasi upaya pencapaian rencana mutu yang telah ditetapkan pada setiap unit dasar.
  • Melaksanakan assessment kegiatan pengembangan akademik di unit-unit kerja STIE Mulia Pratama.
  • Melakukan analisis kebutuhan pelatihan.
  • Melakukan audit, assessment dan Monev akademik meliputi:
  1. Monitoring rekruitmen mahasiswa baru;
  2. Monitoring penelitian dosen, peningkatan karir dosen dan karyawan;
  3. Monitoring skreditasi jurusan/program studi;
  4. Monitoring proses belajar mengajar;
  5. Monitoring kurikulum;
  • Melakukan audit, assessment, evaluasi, dan monitoring 

PENUTUP

Kesepakatan dan komitmen seluruh komponen terkait dalam proses penyelenggaraan pendidikan di STIE Mulia Pratama menjadi prasyarat mutlak bagi terselenggaranya Sistem Jaminan Mutu Pendidikan di STIE Mulia Pratama. Untuk itu diskusi yang intensif menuju tercapainya kesepakatan dan komitmen tersebut sangat diharapkan.