KETUA YAYASAN PENCERDASAN BANGSA PRATAMA

YPB

Pejabat STIE Mulia Pratama 2016

Sasaran dan Deskripsi Kerja

Ketua

Sasaran:

  • Tersusunnya Rencana Induk Pengembangan (RIP) STIE Mulia Pratama untuk lima tahun mendatang.
  • Terlaksananya networking system antar dunia pendidikan melalui kerjasama dengan perguruan tinggi baik lokal maupun nasional yang mendukung Visi, Misi, dan Tujuan STIE Mulia Pratama.
  • Terlaksananya networking system antar STIE Mulia Pratama dengan instansi pemerintah, lembaga pendanaan dan perusahaan melalui kerjasama dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga edukatif di STIE Mulia Pratama.
  • Terlaksananya program kerja tahunan sesuai RIP yang ditetapkan.
  • Terlaksananya proses pendidikan perguruan tinggi sesuai kebutuhan stakeholder.
  • Terlaksananya proses Tridharma Perguruan Tinggi di STIE Mulia Pratama. 

Deskripsi Kerja:

  • Menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) minimal untuk lima tahun mendatang.
  • Menetapkan Program Kerja Tahunan yang sesuai dengan RIP STIE Mulia Pratama.
  • Melakukan koordinasi dengan unit kerja dalam penetapan rencana kerja sesuai Visi, Misi, dan Tujuan STIE Mulia Pratama yang tertuang dalam RIP.
  • Melakukan koordinasi dengan BPH (Badan Pelaksan Harian) STIE Mulia Pratama dalam rangka menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Instansi, Lembaga, dan Publik dalam mendukung Visi, Misi, dan Tujuan.
  • Mewakili STIE Mulia Pratama dalam hubungannya dengan pihak luar.
  • Memberikan informasi ke dalam maupun ke luar.
  • Melakukan koordinasi dan pengarahan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di STIE Mulia Pratama.
  • Melakukan kerjasama akademik dan non akademik dengan pihak eksternal.
  • Melakukan pengarahan, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan program kerja secara keseluruhan.

 

Wakil Ketua I Bidang Akademik

Sasaran:

  • Tersusunnya rencana penerimaan mahasiswa di seluruh Jurusan/Program Studi untuk lima tahun mendatang.
  • Terwujudnya target penerimaan mahasiswa sesuai rencana yang telah ditetapkan.
  • Terlaksananya proses kegiatan akademik di seluruh Jurusan/Program Studi sesuai Visi, Misi, dan Tujuan STIE Mulia Pratama.
  • Terwujudnya proses kegiatan akademik yang berkualitas bagi mahasiswa, tenaga edukatif, dan civitas akademika secara keseluruhan.
  • Terwujudnya penyesuaian dan pengembangan kurikulum STIE Mulia Pratama sesuai kebutuhan stakeholder, melalui kerjasama perguruan tinggi dan evaluasi kurikulum minimal tiga tahun sekali.
  • Terlaksananya Proses Belajar Mengajar sesuai kurikulum yang telah ditetapkan. 

Deskripsi Kerja:

  • Menyusun rencana penerimaan mahasiswa lima tahun mendatang berdasar kebutuhan pengembangan dan Rencana Induk Pengembangan.
  • Menyusun rencana dan implementasi program untuk mencapai target penerimaan mahasiswa yang direncanakan.
  • Memberikan pengarahan ke Jurusan/Program Studi dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan akademik secara keseluruhan.
  • Memberikan pengarahan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan akademik yang terkait.
  • Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain dalam pengembangan kurikulum perguruan tinggi.
  • Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap kurikulum yang diberlakukan di masing-masing Jurusan/Program Studi.
  • Melakukan koordinasi dengan Jurusan/Program Studi dalam rangka evaluasi dan pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan stakeholder.
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  • Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan akademik secara keseluruhan.
  • Memberikan pengarahan terhadap implementasi sistem informasi administrasi akademik, sistem informasi perpustakaan, sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Ketua II Bidang Adm. Umum & Keuangan

Sasaran:

  • Tercapaian peningkatan pendapatan melalui peningkatan penerimaan jumlah mahasiswa dan penerimaan dari unit usaha dan kerjasama dari pihak eksternal.
  • Terwujudnya sistem pengendalian keuangan yang efektif dan efisien melalui evaluasi anggaran dan rasionalisasi anggaran dengan pendapatan.
  • Terwujudnya sistem administrasi yang mudah diakses oleh pengguna melalui implementasi sistem informasi manajemen.
  • Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran proses organisasi secara keseluruhan.
  • Terwujudnya kualitas kehidupan kerja yang mendukung motivasi kerja pegawai.
  • Terwujudnya kesejahteraan pegawai melalui sistem reward and punishment yang berkeadilan.
  • Terealisasinya program pengemban sumber daya manusia (SDM) yang mampu mendorong kepuasan kerja, dengan indikator meningkatnya kepuasan kerja pegawai.
  • Terwujudnya peningkatan prestasi kerja pegawai dengan ukuran meningkatnya indek rata-rata kinerja pegawai dari tahun sebelumnya.

Deskripsi Kerja:

  • Menyusun perencanaan kegiatan di bidang keuangan, administrasi, sarana prasarana dan manajemen SDM di STIE Mulia Pratama.
  • Menyusun kebijakan yang terkait dengan manajemen keuangan.
  • Menyusun target penerimaan yang bersumber dari mahasiswa dan unit usaha dan kerjasama untuk lima tahun mendatang.
  • Melakukan koordinasi dengan bagian unit usaha STIE Mulia Pratama dan lembaga STIE Mulia Pratama dalam pencapaian target penerimaan keuangan.
  • Melakukan koordinasi dengan Wakil Ketua I dalam pencapaian target penerimaan yang bersumber dari mahasiswa.
  • Melakukan kerjasama dengan pihak eksternal dalam rangka peningkatan karir dan kesejahteraan pegawai di STIE Mulia Pratama.
  • Menyusun rencana anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan dan pendapatan yang ditargetkan.
  • Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap realisasi anggaran sesuai yang ditetapkan.
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap manajemen keuangan secara keseluruhan.
  • Melakukan pengarahan terhadap implementasi sistem informasi kepegawaian dan sistem informasi keuangan.
  • Melakukan koordinasi dan pengarahan terhadap penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran proses organisasi secara keseluruhan.
  • Menciptakan kualitas kehidupan kerja yang mendukung peningkatan performance tenaga edukatif dan non edukatif.
  • Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap pelaksanaan penilaian kinerja pegawai.
  • Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan administrasi, keuangan, sarana prasarana dan manajemen SDM secara keseluruhan dan berkelanjutan.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan & Alumni 

Sasaran:

  • Tersusunnya rencana pengembangan kegiatan kemahasiswaan yang terpadu untuk lima tahun mendatang.
  • Tersusunnya rencana pengembangan sistem informasi, penjaminan mutu, dan kerjasama.
  • Terwujudnya mekanisme promosi, pemasaran, dan rekruitmen mahasiswa baru.
  • Terwujudnya networking system antara STIE Mulia Pratama dengan perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja melalui kerjasama dalam bentuk penelitian, career day program, magang.
  • Terwujudnya networking system antara STIE Mulia Pratama dengan perguruan tinggi lain melalui kerjasama akademik, studi banding, dan pertukaran mahasiswa.
  • Tersedianya informasi lowongan pekerjaan bagi calon dan lulusan STIE Mulia Pratama.
  • Terlaksananya program kerja alumni STIE Mulia Pratama sebagai pusat informasi pekerjaan.
  • Terlaksananya kegiatan kemahasiswaan yang mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. 

Deskripsi Kerja:

  • Menyusun rencana pengembangan kegiatan kemahasiswaan untuk lima tahun mendatang.
  • Memberikan pengarahan dan melakukan koordinasi dengan bidang atau bagian kerjasama dan pengendalian mutu dalam menyusun rencana pengembangan sistem informasi, penjaminan mutu, dan kerjasama.
  • Memberikan pengarahan dan koordinasi dengan bidan atau bagian kerjasama dan pengendalian mutu dalam menyusun mekanisme promosi, pemasaran, dan rekruitmen mahasiswa baru.
  • Melakukan pengarahan dan monitoring terhadap kegiatan di bidang kemahasiswaan tingkat Jurusan/Program Studi.
  • Melakukan kerjasama dengan perusahaan pengguna tenaga kerja.
  • Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi / lembaga lain.
  • Mengkoordinir penyediaan informasi lowongan pekerjaan.
  • Melakukan koordinasi dengan Pengurus Ikatan Alumni (Iluni) STIE Mulia Pratama dalam fungsinya sebagai pusat informasi.
  • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja.
  • Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan aktivitas bidang kemahasiswaan secara keseluruhan.
  • Memberikan pengarahan terhadap implementasi sistem informasi kemahasiswaan dan alumni di STIE Mulia Pratama.

Ketua Jurusan/Program Studi

Sasaran:

  • Tersusunnya rencana pengembangan Jurusan/Program Studi sesuai kebutuhan stakeholder.
  • Tersusunnya kurikulum di tingkat Jurusan/Program Studi.
  • Terwujudnya peningkatan kualitas akademik tenaga edukatif melalui seminar, diskusi rutin, pelatihan pada masing-masing konsentrasi/bagian.
  • Terwujudnya koordinasi antara Jurusan/Program Studi dalam pengembangan program studi.
  • Terwujudnya ploting mata kuliah tenaga edukatif sesuai dengan konsentrasi/ bagian dan kebutuhan Jurusan/Program Studi.
  • Tersusunnya jadwal kuliah, ujian, dan kegiatan akademik lainnya.
  • Terlaksananya Proses Belajar Mengajar dan kegiatan akademik sesuai kalender akademik dan kurikulum yang ditetapkan.
  • Terlaksananya kegiatan unit-unit di bawah Jurusan (seperti laboratorium, pusat pengembangan) yang mampu mendukung Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan/Program Studi. 

Deskripsi Kerja:

  • Menyusun kurikulum Jurusan/Program Studi sesuai kebutuhan stakeholder berkoordinasi dengan Pembantu Ketua I dan Jurusan/Program Studi lainnya.
  • Melakukan koordinasi dengan Pembantu Ketua I dalam perencanaan, dan pelaksanaan proses kegiatan akademik di tingkat Jurusan/Program Studi.
  • Melakukan koordinasi dengan Jurusan/Program Studi terkait dalam pengembangan Jurusan/Program Studi.
  • Melakukan koordinasi dan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat Jurusan/Program Studi secara keseluruhan.
  • Mengkoordinasikan kelompok minat konsentrasi tenaga edukatif.
  • Monitoring kegiatan akademik seperti seminar, pelatihan, dan diskusi masing-masing konsentrasi.
  • Menyiapkan jadwal kulian dan ujian sesuai dengan kalender akademik yang ditetapkan.
  • Melakukan pengarahan dan monitoring pelaksanaan kerja unit-unit di bawah Jurusan/Program Studi.
  • Mengadakan penyediaan sarana dan prasarana (literatur, peralatan) di tingkat Jurusan/Program Studi yang mendukung kebutuhan tenaga edukatif dalam pelaksanaan kegiatan akademik.
  • Melakukan perencanaan dan pembinaan tenaga edukatif di tingkat Jurusan/Program Studi.
  • Melakukan pengarahan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik tingkat Jurusan/Program Studi secara keseluruhan dan berkelanjutan.

Sekretaris Jurusan

Sasaran:

  • Terwujudnya proses belajar mengajar di tingkat Jurusan/Program Studi.
  • Tersusunnya jadwal kuliah, ujian, dan kegiatan akademik lainnya.
  • Terwujudnya ploting mata kuliah, pembimbing akademik. 

Deskripsi Kerja:

  • Membantu Ketua Jurusan/Program Studi di dalam pengelolaan dan pengembangan jurusan/program studi.
  • Memonitor dan bertanggungjawab atas kelancaran proses belajar mengajar di tingkat jurusan/program studi.