Profil Program Studi S-1 Manajemen

  1. Visi:

terakreditasi

Menjadi salah satu program studi strata 1 yang berkualitas dalam bidang manajemen di Indonesia dengan komitmen untuk secara terus menerus meningkatkan keunggulan dalam memberikan pendidikan ekonomi manajemen pada mahasiswa dalam rangka menanggapi kebutuhan dunia bisnis yang berkembang pesat

  1. Misi:
  • Menyelenggarakan dan meningkatkan proses pendidikan, pengajaran di bidang manajemen baik dari aspek masukan maupun proses.
  • Menghasilkan penelitian yang ditujukan untuk mengembangkan teori serta konsep di bidang manajemen dan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama dengan institusi yang relevan, guna mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang menguasai manajemen dan entrepreneurship maupun untuk memasuki pasar kerja. 
  1. Sasaran:
    • Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu manajemen dan memiliki kemampuan meneliti serta mampu menjadi analis bisnis yang profesional.
    • Meningkatkan daya saing lulusan dalam ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam dunia bisnis.
    • Meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu.
    • Mengembangkan kemampuan dosen (khususnya dosen tetap) dalam proses pembelajaran.
  1. Tujuan:
  • Mampu mengikuti dan menerapkan ilmu pengetahuan maupun keterampilan teknologi di bidang manajemen dan entrepreneurship dalam berbagai kegiatan yang dilandasi oleh kemampuan berpikir, bersikap serta bertindak secara ilmiah;
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khusus yang berkaitan dengan bidang manajemen dan entrepreneurship;
  • Mampu menghasilkan dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi yang relevan guna menunjang keterampilan lulusan yang siap kerja serta memiliki jiwa entrepreneurship.
  1. Kriteria Keberhasilan Kurikulum:

Kurikulum STIE Mulia Pratama memiliki kriteria keberhasilan yang akan tergambarkan oleh iklim akademik yang di warnai ciri-ciri :

  • Tingginya tingkat kemandirian dan kedisiplinan seluruh sivitas akademika dalam menjalankan tugas dan kewajibannya,
  • Tingginya tingkat motivasi dan produktivitas kerja pimpinan, dosen dan staf administrasi,
  • Tingginya kreativitas dan motivasi berprestasi seluruh sivitas akademika,
  • Adanya dukungan kelembagaan untuk pencapaian hasil karya terbaik,
  • Tingginya daya serap rata-rata mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang telah diberikan dosen,
  • Ketepatan waktu dan kemampuan mahasiswa dalam penyelesaian program studi.
  1. Karakteristik Kurikulum:

Kurikulum STIE Mulia Pratama yang diberlakukan mulai tahun akademik 2014/2015 memiliki karakteristik pokok, yaitu :

  1. Bersifat Nasional ; artinya, kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000, tanggal 20 Desember 2000 tentang tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dam Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  2. Bersifat Fleksibel; artinya, kurikulum setiap program pendidikan dikembangkan dengan mengacu pada kondisi perkembangan ilmu, teknologi dan kebutuhan masyarakat (link and match). Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kurikulum STIE Mulia Pratama di masa yang akan datang ditinjau kembali, baik dalam jenis mata kuliah maupun jumlah SKS yang harus ditempuh. Sifat fleksibel kurikulum STIE Mulia Pratama diimplementasikan dalam bentuk pengembangan kurikulum inti sebanyak 40-80 % dan kurikulum institusional adalah 20-40 %.
  1. Kompetensi Lulusan dan Strategi Pembelajaran:

Program  Studi    S-1 Manajemen    merumuskan  standar   kompetensi  lulusan  Manajemen  dengan indikator (Motivation, Ability, Skill, Attitude,  Knowledge) atau yang terdiri  dari  elemen Motivasi,  Kemampuan, Keterampilan, Perilaku dan Pengetahuan.

  1. Kompetensi Lulusan:
A.  MOTIVATION (MOTIVASI)
Lulusan Manajemen diharapkan memiliki motivasi untuk :
1. Menggali  perkembangan ilmu Manajemen untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, kemampuan dan keterampilan
2. Menerapkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat  di bidang manajemen dan entrepreneurship
B.  ABILITY (KEMAMPUAN)
Lulusan Manajemen diharapkan memiliki kemampuan :
1. Menerapkan konsep dan teori manajemen dan entrepreneurship untuk meningkatkan kinerja organisasi dan lingkungannya.
2. Merancang dan melakukan simulasi, menganalisis serta menginterprestasikan dalam kegiatan manajemen dan entrepreneurship.
3. Memecahkan masalah manajemen dan entrepreneurship melalui cara berpikir  kritis dan analitis.
4. Menciptakan kerjasama tim untuk meningkatkan kinerja organisasi
C.  SKILL (KETERAMPILAN)
Lulusan Manajemen  diharapkan memiliki keterampilan dalam:
1. Mengelola, mengembangkan dan menerapkan ilmu Manajemen dengan memanfatkan Information Technology (IT) dalam organisasi dan lingkungan.
2. Mengidentifikasi, menganalisis masalah dan merumuskan alternatif pemecahannya.
3. Berkomunikasi, melakukan presentasi dan  negosiasi secara efektif.
4. Membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain (networking).
D.  ATTITUDE (SIKAP)
Lulusan Manajemen diharapkan memiliki sikap:
1. Positif dan terbuka terhadap perkembangan ilmu manajemen dan entrepreneurship.
2. Menghargai etika, kejujuran,  rasa tanggung jawab dan komitmen dalam bertingkah laku untuk menjalankan prinsip-prinsip manajemen dan entrepreneurship.
3. Percaya diri dan dengan cepat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru.
E.  KNOWLEDGE (PENGETAHUAN)
Lulusan Manajemen diharapkan memiliki Pengetahuan mengenai:
1. Norma,  teori manajemen dan entrepreneurship, penerapan serta pengembangannya dengan memanfaatkan  teknologi informasi.
2. Situasi lingkungan yang berkaitan  dengan pengelolaan suatu organisasi.
3. Kaidah penelitian dalam pengembangan dan penerapan ilmu manajemen dan entrepreneurship
  1. Strategi Pembelajaran:

Dengan karakteristik kurikulum yang dimiliki, strategi perkuliahan perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran mahasiswa dan pengembangan topik inti.

Pendekatan pembelajaran mahasiswa mengandung arti bahwa dosen mengembangkan proses belajar yang lebih memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk aktif mencari, mengolah dan memanfaatkan informasi dalam upaya mengembangkan diri sebagai manusia terdidik, baik akademik maupun profesional. Dalam model pendekatan ini, sistem penyampaian yang dilakukan dalam perkuliahan didasarkan pada pandangan bahwa metode mengajar digunakan dosen untuk mengajak dan membantu mahasiswa belajar mengembangkan apa yang dibahas di kelas.

Pengembangan topik inti mengisyaratkan bahwa proses belajar mahasiswa diarahkan tidak saja untuk menguasai konsep-konsep dasar yang esensial dari disiplin ilmu, tetapi juga mencakup aspek kompetensi (kemampuan) profesional. Dengan demikian, pengembangan topik inti menuntut setiap mata kuliah untuk perlu adanya deskripsi, silabus maupun satuan acara perkuliahan.

  1. Dukungan untuk Mahasiswa dan Proses Pembelajaran:
    • Sarana dan Prasarana
      1. Peningkatan kualitas dan kuantitas media pembelajaran berbasis IT (In Focus, Laptop).
      2. Ruang Lab. Komputer beserta perlengkapannya.
      3. SAP, Silabus dan Materi Perkuliahan dapat dengan mudah diakses oleh mahasiswa.
      4. Perpustakaan yang nyaman dengan koleksi pustaka cukup memadai.
    • Tenaga Dosen

Tenaga dosen yang mengajar mata kuliah sesuai dengan konsentrasi keilmuannya.

  1. Kriteria Pendaftaran Mahasiswa Baru:
    • Lulusan SMA/Sederajat.
    • Pindahan dari Program Studi sejenis dengan mekanisme konversi.
    • Pindahan dari Lintas Program Studi dengan mekanisme konversi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI S-1 MANAJEMEN

SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sdm, operasi, dan keuangan) pada berbagai jenis organisasi;
  2. menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional;
  3. menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi;
  4. menguasai konsep tentang metode penelitian yang mencakup studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif;
  5. menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif);
  6. menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values);
  7. menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi organisasi lokal, nasional, regional, dan global;
  8. menguasai kaidah, prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi, dan budaya;
  9. menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi;
  2. mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi;
  3. mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsipprinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal;
  4. mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional;
  5. mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi organisasi;
  6. mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi;
  7. mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.

KETERAMPILAN UMUM

  1. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  3. mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  4. mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KEBIJAKAN MUTU JURUSAN:

Memiliki kemampuan yang tinggi di bidang manajemen yang didukung oleh kemampuan yang memadai di bidang keuangan, pemasaran, sdm, produksi/oprasi, interpersonal skills, bahasa Inggris, serta komputer dan teknologi informasi serta memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan memiliki kemampuan belajar secara berkelanjutan.

Kompetensi Manajemen Keuangan:

Mampu memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan perusahaan yang meliputi:

  1. Konsep penilaian investasi (obligasi, saham, dan aktiva tetap) dengan menggunakan konsep nilai waktu uang (time value of money)
  2. Konsep resiko dan keuntungan
  3. Analisis rasio
  4. Konsep manajemen modal kerja
  5. Konsep manajemen persediaan, piutang, dan kas.
  6. Konsep manajemen pembelanjaan jangka pendek.

Kompetensi Manajemen Pemasaran:

Mampu memahami konsep-konsep dasar Pemasaran, meliputi:

  1. Pemasaran Stratejik
  2. Lingkungan Pemasaran
  3. Riset Pemasaran
  4. Perilaku Konsumen
  5. Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning
  6. Strategi Bauran Pemasaran

Kompetensi Manajemen SDM:
Mampu memahami konsep-konsep dasar manajemen SDM perusahaan:

  1. Peran stratejik Manajemen SDM
  2. Perencanaan SDM dan analisis
  3. Jabatan
  4. Perekrutan dan seleksi
  5. Pelatihan
  6. Kompensasi dan penilaian kinerja
  7. Hubungan perburuhan
  8. Keselamatan dan kesehatan kerja
  9. Career management

Kompetensi Manajemen Produksi/Operasi:

Mampu memahami konsep dasar dan alat-alat untuk mengelola proses produksi, yang meliputi:

  1. Desain Manajemen Operasi
  • Desain produk dan manajemen kualitas
  • Desain kapasitas produksi
  • Desain proses
  • Desain layout
  • Desain lokasi
  1. Implementasi rencana operasi jangka pendek
  2. Just in time
  3. Manajemen proyek

SK Akreditasi Program Studi S-1 Manajemen: